Sunday 25 August 2013

Tobacco Killer ! -Bahayanya Si Tembakau.

Tembakau, tentu nggak asing lagi bukan kata itu ditelinga kalian.. Tembakau, setiap harinya selalu hadir dalam kehidupan kita tanpa kita sadari.. Ya, tembakau adalah bahan dasar pembuat rokok, dan rokok dikonsumsi setiap harinya oleh masyarakat dunia. 




Dan kalian tau? Menurut WHO, Negara dengan jumlah perokok paling banyak di  dunia diduduki oleh Cina yang disusul oleh India dan lalu Indonesia. Ya, Indonesia menjadi peringkat ke tiga sebagai negara dengan jumlah perokok paling banyak di dunia yaitu sekitar 65 juta jiwa. Padahal telah kita ketahui bahwa merokok dapat merusak kesehatan kita dan membahayakan hidup kita. Hal ini dikarenakan tembakau sebagai bahan utama dari pembuatan rokok sendiri bisa menjadi racun bagi tubuh kita. Kalo gitu langsung aja deh, ini dia fakta-faktanya.. 
Check it out guys..

+Bahaya Nikotin
Daun Tembakau Kering
Guys, perlu kalian ketahui bahwa tembakau bahan utama pembuat rokok ini merupakan daun dengan kandungan nikotin tertinggi. Si nikotin ini merupakan zat yang membuat seorang perokok kecanduan dan sulit untuk berhenti dari kebiasaan merokoknya. Rasa kecanduan ini dikarenakan zat yang terkandung dalam tembakau yaitu zat dopamine yang level candunya sama dengan heroin dan kokain. Dan selain itu niotin ini nggak cuma sebagai candu buat perokok, namun juga sebagai racun bagi tubuh si perokok. Ini dikarenakan nikotin bakal langsung meluncur ke otak dan lanjut ke seluruh tubuh, nggak terkecuali ke pembuluh darah, dan air susu pada ibu hamil atau ibu yang sedang menyusui. Oleh karena peredarannya ini, nikotin akan 'meracuni' otak si perokok dengan rasa rilex dan nyaman, sehingga rokok bagi mereka dianggap sebagai penghilang stress. Padahal dibalik itu semua, sebenarnya nikotin telah bereaksi dengan menstimulasi sistem pusat saraf si perokok dan mengkontrolnya lewat otak. Selain merusak saraf dan otak, rokok juga dapat menimbulkan masalah pada pembuluh darah yang otomatis berkaitan dengan tekanan darah dan jantung.

+Bahan Pembuat Aspal Jalanan
Perbedaan paru-paru non smoker dan paru-paru smoker
Tar adalah salah satu zat dari sekian banyak zat yang terkandung pada rokok. Tar sendiri zat yang berasal dari bahan baku rokok sendiri yaitu tembakau, dan perlu kalian tahu, getah tembakau merupakan bahan baku pembuat aspal jalanan. Dan tentu kalian semua tau kan gimana aspal jalanan itu, tetap berwarna hitam pekat walau keujanan dan kepanasan, nggak ngefek, tetep aja hitam. Kebayang nggak sih kalau tar itu ada di paru-paru kita? Hii.. mengerikan bukan, bisa kita bayangin paru-paru kita jadi rusak dan warnanya berubah menjadi bercorak kehitaman gitu dan selain itu tar dapat meningkatkan produksi lendir pada paru-paru yang efeknya tidak baik bagi paru-paru dan kesehatan. Selain tar dapat merusak paru-paru kita, tar juga dapat merusak gigi kita. Tahap awal dari kerusakan gigi yang disebabkan rokok ini ditandai oleh menguningnya gigi si perokok. Dan semakin sering merokok seorang perokok tidak dapat menutup kemungkinan jika nantinya giginya membusuk. Maka dari itu, dapat kita lihat mayoritas perokok seringkali ompong sebelum waktunya. Selain itu, merokok merupakan penyebab utama terjadinya kanker paru-paru dan terlebih kanker mulut pada perokok aktif. Bukan cuma paru-paru dan gigi aja ni yang rusak karena si tar ini, namun sel-sel yang terdapat di dalam saluran darah juga bisa rusak atau mati guys..

+Memangkas Umur
Pada asap tembakau terdapat 4000 bahan kimia, dan 250 diantaranya merupakan zat yang berbahaya. Itu baru dalam bentuk tembakau ya, belum diolah sama sekali. Saat sudah dalam bentuk rokok, otomatis kandungan berbahaya di dalamnya semakin bertambah. Dalam 1 batang rokok terdapat sekitar 4800 bahan kimia, dan 460 diantaranya merupakan zat pemicu kanker. Dan dari sekian banyak zat berbahaya tersebut, karbon monoksida lah salah satu diantaranya yang termasuk dalam ‘level’ paling berbahaya. Karbon monoksida ini dapat mengikat hemoglobin dalam darah yang mengakibatkan terhambatnya penyaluran oksigen. Selain kanbon monoksida, ada juga zat karsinogen yang dapat memicu tumbuhnya sel-sel kanker pada tubuh. Dan ini ni yang sangat perlu kalian tau dari sekian banyak hal yang perlu kalian tau, yaitu setiap hisapan rokok memangkas 11 menit usia kita, sehingga dapat disimpulkan secara umum umur perokok akan lebih pendek 13 sampai degan 14 tahun dibanding dengan orang yang bebas rokok/ tidak merokok. Ngeri kan, pikirkan deh orang-orang yang kalian sayangi sekarang dan kedepannya.

+Yang Pasif Itu Lebih Bahaya
Walaupun kita nggak merokok, tapi kalo sering berada di lingkungan perokok, juga bahaya lho guys.. Ini dikarenakan kita otomatis jadi menghirup udara yang udah tercemar oleh asap rokok dan hal ini lebih bahaya dibanding dengan si perokok aktif. Kenapa gitu? Itu dikarenakan setelah asap rokok dibuang ke udara, maka asap rokok tersebut malah mengandung lebih banyak zat berbahaya, yaitu meningkat menjadi 7000 jenis racun yang 700 diantaranya merupakan penyebab kanker! Dan itu berarti jumlah racun yang dihisap oleh perokok pasif lebih banyak dibanding dengan racun yang dihisap oleh perokok aktif. Dan tau nggak sih, setiap tahunnya sekitar 45 ribu jiwa meninggal akibat jadi perokok pasif! Itu cuma korban dengan ‘label’ perokok pasifnya doang lho, belom termasuk dengan korban akibat perokok aktifnya. Jadi sarannya disini lebih baik kita menghindar atau menjauh kalau ada yang merokok di sekitar kita, dan kalau perlu mungkin kita ingatkan dia untuk tidak merokok di tempat umum melainkan di tempat yang sudah disediakan (smoking area) bagi mereka yang merokok di tempat umum. Buat lingkungan keluarga, kerabat, temen kalian kalo ada yang ngerokok, mending dinasehatin.. Apa salahnya mencoba mengarahkan seseorang ke arah yang lebih baik.. 


Nah, itu dia fakta-faktanya.. Jadi gimana? Masih tetep mau merokok ni bagi kalian yang perokok. Ayo dong, rubah sikap kalian dari sekarang sebelum semuanya terlambat untuk disesali ! Pikirkan orang-orang yang ada disekitar kalian, yang kalian sayangi dan yang menyayangi kalian. Nggak mau kan salah satu diantara mereka atau mungkin kalian sendiri sakit dan pergi lebih cepat daripada yang seharusnya. Cobalah untuk peduli pada diri sendiri dan orang lain.

Mulailah perubahan dari hal yang kecil terlebih dahulu kemudian ke hal yang lebih besar. Mulailah dari diri kalian sendiri kemudian baru orang lain. Mungkin sulit untuk nggak merokok lagi dalam sekejap, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi kalau kalian mau, kalian pasti bisa kok, semua butuh proses guys.. Ada niat aja nggak cukup, niat diwujudkan dengan tindakan..Jadi, mari berubahlah dari sekarang, melangkah maju gapai masa depan yang cerah bebas dari rokok. Tanpa rokok, kalian bisa kok kreatif, berprestasi, dan jadi generasi yang sukses. 

--------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Oke, itu dia posting gue yang ke 3, gue harap ini berguna bagi kalian semua pembaca sekalian yang udah mau baca postingan gue ini. Gue berharap ini nggak sekedar cuma numpang lewat di pikiran kalian, gue harap ini bisa jadi renungan dan pengetahuan bagi kalian semua untuk lebih peduli pada diri kalian, kesehatan kalian, dan orang lain yang ada di sekitar kalian.. Guys, udah dulu ya posting yang ke 3 ini.. Lanjut lagi di laen waktu, di laen posting gue kedepannya.. Buat kalian semua arigatou gozaimasu, sukses kedepannya..
#Be Better (-_^ )V Peace.. 




0 comments:

Post a Comment