Friday 25 July 2014

Cara Mengaktivasi atau Meningkatkan Kinerja Otak Atau Daya Ingat (Gimana sih caranya Biar Pinter?) - How to make your brain smarter?

Nggak jarang kita bertanya-tanya yang kurang lebih gini intinya “gimana sih caranya biar otak kita jadi encer?” atau gini “Anak itu pinter banget, makan apa ya tu anak bisa pinter kaya gitu?” 



Menurut gue sendiri pinter itu sebenernya relatif, tapi kebanyakan orang mengartikan pinter itu pinter di bidang akademis. Padahal sebenernya pinter itu bisa ditempatin di bidang apa aja, nggak cuma akademis, non akademis, strategi, dll pun bisa kok. Dan orang bisa pinter menurut gue sendiri itu ada 3 kemungkinannya, karena faktor gen/keturunan/bakat yang udah bagus atau karena faktor personality dari orang itu sendiri yang gigih dan rajin buat menuntut ilmu alias belajar sampe dia bisa dan ngerti, bahkan memahami seluk-beluk apa hal yang ia pelajari. Dan yang terakhir tentu gabungan dari keduanya, gen/keturunan/bakat bagus dan anaknya gigih dan rajin buat menuntut ilmu.

Di sini gue akan coba buat ngebahas tentang bagaimana membuat otak kita memiliki kualitas yang lebih baik dan menjaganya agar tetap oke atau “Gimana sih caranya biar kita bisa lebih pinter?” ya kurang lebih begitulah bahasanya lah.. Tips-tips ini gue dapet dari berbagai artikel yang udah pernah gue baca dan gue praktekin sama diri gue sendiri tentunya, hasilnya oke kok.. Jadi silahkan dicoba juga ya^^
Oke, Lets check it out . . .


Tips-tips ini dimulai dari hal-hal yang unik/menarik (menurut gue) sampek yang udah biasa kita tau atau umum, jadi ini dia caranya untuk mengaktivasi atau meningkatkan kinerja otak kita dan menjaga kondisinya agar tetap oke:

1.       Mencium Aroma Rosemary



Sebuah penelitian yang dilakukan oleh
ilmuan asal Inggris menemukan bahwa aroma rosemary dapat meningkatkan kemampuan kognitif kita. Apa itu kemampuan kognitif? Kemampuan kognitif adalah kemampuan seseorang dalam berpikir, mengingat suatu hal, sampai memecahkan masalah yang ada. Hal ini dikarenakan rosemary mengandung zat cineole, zat tersebut diketahui dapat mengaktifkan kinerja memori otak. Jadi itulah penjelasan mengapa aroma rosemary dapat meningkatkan kemampuan kognitif kita. Selain dapat meningkatkan kemampuan kognitif kita, rosemary juga dapat membuat perasaan kita menjadi lebih baik, tenang,  dapat membuat kita menjadi lebih berkonsentrasi, membantu dalam melawan radikal bebas yang dapat merusak otak, dan kandungan antioksidan di dalamnya dapat mencegah berkembangnya sel kanker di dalam tubuh kita. Mencium aroma rosemary ini dapat kita lakukan saat kita baru bangun tidur dan saat diwaktu senggang. Aroma rosemary dapat didapatkan dari rosemary oil atau minya rosemary, daun rosemary segar maupun kering yang dapat kita tambahkan dalam makanan atau teh.

2.       Mengunyah Permen Karet


Lagi-lagi di Inggris penelitian ini dilakukan. Penelitian ini membuktikan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan kinerja otak dalam mengingat ingatan jangka pendek maupun ingatan jangka panjang. Kenapa bisa begitu? Hal ini dikarenakan dengan mengunyah permen karet, hippocampus pada otak dapat terstimulus. Hippocampus adalah bagian pada otak yang memiliki peran utama dalam menyimpan memori. Selain itu dengan mengunyah permen karet, aliran darah di otak serta denyut jantung pun meningkat yang secara otomatis diikuti oleh peningkatan suplai oksigen ke otak. Suplai oksigen yang baik ke otak dapat membuat otak kita lebih fresh dan bekerja dengan baik. Namun perlu diingat juga ya kalo keseringan mengunyah permen karet atau mengunyahnya secara berlebihan juga dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan kita. Jadi konsumsi permen karet seperlunya aja ya, jangan sering-sering mengkonsumsi dan mengunyahnya secara berlebihan. Efek negatif dari keseringan mengunyah permen karet ini diantaranya adalah rusaknya email gigi, gangguan pencernaan, gangguan pada rahang, dan dapat mengakibatkan atau mempercepat penuaan pada bagian wajah berupa keriput.

3.      Mengkonsumsi Coklat


Sebuah studi di Italia mengatakan bahwa coklat termasuk makanan yang dapat meningkatkan daya kinerja otak. Coklat merupakan makanan yang mengandung flavonoid. Flavonoid inilah penjelasan mengapa coklat dapat meningkatkan kinerja otak. Flavonoid dapat mencegah penurunan kognitif dengan merangsang suplai darah ke otak secara tidak langsung, melindungi neuron kita, dan dapat menurunkan resiko demensia pada seseorang. Demensia sendiri adalah penyakit yang menyerang kemampuan kognitif seseorang, kebanyakan penyakit ini menyerang orang lanjut usia. Selain itu, studi di Inggris mengatakan bahwa coklat dapat meningkatkan kemampuan matematika seseorang. Dengan megkonsumsi cokelat seseorang dapat lebih mudah dalam menyelesaikan soal matematikanya, selain itu pada studi ini disebutkan pula bahwa kandungan antioksidan yang terkandung pada coklat dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Selain itu coklat juga dapat membantu menghilangkan stress, menangkal stroke, menurunkan risiko penyakit jantung. Namun perlu diingat lagi nih, konsumsi coklat yang berlebihan dapat meningkatkan resiko diabetes dan obesitas. Jadi makan coklatnya jangan banyak-banyak ya, secukupnya aja. Apapun yang berlebihan itu tentunya akan berujung dengan akibat yang tidak baik ya guys. Dan tambahan aja nih, cokelat hitam atau dark chocolate adalah coklat yang dianjurkan untuk program ini ya karena coklat hitam kandungan coklatnya lebih banyak dibanding coklat susu yang dimana tentu kandungan susu dan gulanya lebih banyak dibanding coklatnya. Ingat, disini konsumsi coklat bukan konsumsi susu dan gula. Konsumsi gula yang berlebihan dapat mengganggu penyerapan protein dan gizi di dalam tubuh, sehingga tubuh kekurangan nutrisi yang secara otomatis berpengaruh juga terhadap perkembangan otak.

4.       Minum Teh


Minum teh ternyata bisa meningkatkan kinerja dari otak kita lho, terutama  dalam kinerja memori otak. Teh yang disarankan yakni teh hijau dan teh hitam yang dalam konsumsinya tidak disertakan dengan gula. Hal ini dikarenakan adanya kandungan EGCG atau epigallocatechin-3-gallate pada teh hijau, kandungan EGCG ini terbukti dapat meningkatkan produksi sel otak saat mengasah memori. Selain kandungan EGCG pada teh, kandungan oksidan dalam teh juga merupakan salah satu penyebab kenapa teh dapat meningkatkan kinerja/mengaktivasi otak kita. Selain dapat meningkatkan kinerja otak kita, teh juga dapat melawan kanker dan sakit jantung, teh juga dapat membuat kita relax.

5.       Jangan Terlalu Lama Menonton TV


Kalo yang ini sih bisa dicerna sendiri lah kenapa jangan terlalu lama menonton tv. Sebagian besar program TV menawarkan acara hiburan dan untuk program yang bermanfaat untuk menambah wawasan atau pengetahuan cukup minim, bahkan kebanyakan orang pun menghindari acara TV yang seperti ini. Kebanyakan lebih memilih untuk menonton acara hiburan seperti film, sinetron, acara musik, atau acara yang bersifat entertain. Sebuah studi mengatakan bahwa anak yang terlalu lama menghabiskan waktu di depan TV memiliki resiko besar mengalami obesitas. Dan sebuah studi di Australia menunjukkan bahwa orang dewasa yang setiap harinya menghabiskan waktu selama satu jam hanya untuk menonton TV, DVD, atau video dapat berkurang harapan hidupnya hampir 22 menit. Bahkan untuk menonton TV selama rata-rata 6 jam setiap harinya dapat mengurangi harapan hidup seseorang selama  hampir 5 tahun. Jadi mulai dari sekarang mari kita batasi waktu kita untuk menonton TV ya dan seimbangkan antara menonton acara hiburan dengan acara yang bermanfaat untuk pengetahuan atau wawasan kita. Selain nonton tv, sedikit tambahan; saat kita tidur biasakan HP atau tab berada jauh dari tempat kita tidur guna menghindari radiasina selama kita tidur, radiasi gatget nggak bagus buat kesehatan kita.

6.       Jalan Kaki

Iya, jalan kaki.. Jalan kaki dapat meningkatkan kinerja otak kita dalam kemampuan mengingat suatu hal. Sebuah penelitian mengungkap bahwa jalan kaki selama 40 menit, tiga kali dalam seminggu dapat meningkatkan kapasitas bagian otak yang bernama hippocampus. Seperti yang udah dijelasin sebelumnya bahwa hippocampus adalah bagian pada otak yang memiliki peran utama dalam menyimpan memori, dan perlu diketahui juga kalo area ini adalah area pertama yang akan rusak ketika manusia mengalami Alzheimer. Alzheimer ini kaya demensia, dia menyerang otak kita yang mengakibatkan penurunan daya ingat dan penilaian secara bertahap, biasanya disertai dengan perubahan kepribadian dan kemampuan si penderita untuk mengekspresikan dirinya, pikun tingkat akut lah kalo menurut gue. Balik lagi ke masalah jalan kaki, penelitian ini juga mengungkapkan bahwa peningkatan kapasitas otak ini bisa membuat otak kita menjadi lebih muda hingga dua tahun dari yang seharusnya. Namun sayangnya hal ini berlaku cuma buat jalan kaki aja, jalan kaki yang santai alias jalan sehat, tidak berlaku untuk olahraga berat.  Dan perlu kalian tau juga kalo seiring dengan bertambahnya usia kita maka otak kita juga akan menyusut lho.. Jadi penting bagi kita untuk menjaga kondisi otak kita untuk tetap sehat, salah satu caranya adalah dengan berjalan kaki atau jalan sehat.

7.       Hindari Yang Namanya Merokok Dan Asap Rokok


Yang namanya rokok pasti udah pada tau lah, banyak banget bahayanya. Ya salah satu dari bahaya rokok yaitu dapat mengganggu bahkan merusak system saraf kita. Seperti yang udah pernah dijelasin di post sebelumnya yang berjudul Tobbaco Killer ! –Bahayanya Si Tembakau bahwa nikotin dapat meracuni otak si perokok baik perokok aktif maupun pasif dengan cara menstimulus system pusat saraf si perokok dan mengontrolnya lewat otak. Selain nikotin, cadmium pada asap rokok juga merupakan zat berbahaya yang dapat merusak otak. Merokok juga dapat menimbulkan masalah pada pembuluh darah yang otomatis berkaitan dengan tekanan darah dan jantung.

8.       Makan Makanan Yang Sehat Terutama Sayur Dan Buah


Kandungan antioksidan, gizi, omega 3, protein, dan nutrisi lainnya yang terdapat pada sayur,buah, ikan atau daging, dan kacang-kacangan merupakan nutrisi yang paling dibutuhkan oleh otak untuk berkembang dan mengaktivasinya. Buah yang paling banyak mengandung antioksidan diantaranya adalah plum, apel, buah berry; blue berry, blackberry, raspberry, strawberry, dsb., anggur, jeruk, dsb.Untuk sayur, pilihlah sayur yang memiliki kandungan serat yang baik bagi tubuh, gizi, dan antioksidan. Utuk omega 3 kita dapat mengkonsumsi ikan salmon ataupun tuna, bayam, telur, dan kedelai yang merupakan sumber protein juga bagi tubuh. Serta hindarilah makan makanan yang berlemak atau kolesterol.

9.       Main Permainan Asah Otak Dan Belajar


“Bisa karena terbiasa” Mungkin itu adalah kalimat yang sudah kalian sering dengar di kehidupan sehari-hari, tetapi cobalah untuk mendalami kalimat tersebut. Dengan bermain permainan mengasah otak tentunya otak kita akan dilatih untuk mengingat sesuatu atau membuat strategi dalam menyelesaikan masalah, hal ini tentunya akan memiliki pengaruh yang baik pada otak kita. Selain bermain permainan asah otak, belajar juga merupakan hal yang penting. Tanpa belajar tentu kita tidak akan mengetahui apa-apa, percuma saja melakukan hal-hal diatas kalau tidak belajar. Jadi belajarlah dengan tekun dan sungguh-sungguh agar mendapat pengetahuan dan nilai yang bagus, serta jangan lupa untuk berlatih menyelesaikan masalah atau soal-soal baik yang spele sampai yang paling sulit, dan jangan menyepelekan hal kecil karena tak jarang hal kecil yang menurut kalian sangatlah spele dapat menjadi bumerag buat diri kalian sendiri. Dan satu lagi yaitu “Guru terbaik adalah pengalaman”.

10.   Musik

Menurut beberapa penilitian, sering mendengarkan musik classic ataupun instrumental dapat membantu meningkatkan daya ingat otak. Musik yang terkenal “secara universal” yang dapat membantu dalam meningkatkan kemampuan kognitif salah satunya adalah musik-musik karya Mozart.

11.   Cukup Tidur


Tidur yang cukup dapat membantu dalam meningkatkan kinerja otak kita. Hal ini dikarenakan selama kita tidur memori-memori kita akan ditata sedemikan rupa sehingga saat kita bangun pikiran atau otak kita terasa fresh. Namun perlu diketahui bahwa tidur terlalu lama memiliki dampak yang buruk bagi tubuh termasuk otak, waktu yang baik untuk tidur adalah 6-7 jam dalam sehari.

12.   Mendekatkan Diri Kepada Tuhan, To Be Positive, Nikamti Hidup, Dan Bahagia



Nah.. Yang terakhir ini ni yang nggak kalah penting sama yang laennya. Dengan mendekatkan diri kepada Tuhan tentu kita akan lebih mensyukuri apa yang telah diberikan-Nya dan dengan mendekatkan diri kepada Tuhan juga kita tentu akan diberi kemudahan dalam menghadapi masalah yang kita hadapi. Rencana-Nya lebih indah dari rencana yang udah kita buat dan Tuhan Maha Tahu atas apa yang kita butuhkan dan apa yang terbaik buat kita. Jadi jangan lupa buat beribada dan berdoa kepada-Nya, dan tetep semangat berusaha untuk menggapai impian kalian dan sabar. Berfikirlah positif, karena dengan berpikir positif tentu akan membawa dampak yang positif juga bagi tubuh dan pikiran kalian. Nikmati hidup kalian termasuk prosesnya juga, jangan maunya hasilnya doang.. Semua butuh proses ya guys, nggak ada yang instan buat dapetin hasil yang baik dan maksimal. Apapun yang instan itu akan berujung nggak baik. Dan dengan menikmati hidup juga kita bisa terhindar dari yang namanya stress atau depresi, tetep bersosialisasi sama temen-temen sekitar, terutama keluarga, jalani hidup yang baik dan menyenangkan, lakukan apa yang kamu suka selama itu bermanfaat dan baik, dan jangan lupa sama yang namanya Tuhan. Jalani hidup sebaik-baiknya dan jadilah seseorang yang bahagia.


Oke, itu dia 12 tips gimana cara meningkatkan kemampuan kognitif atau kinerja otak. Semoga bermanfaat bagi kalian. Dan mohon maaf bila ada kata yang salah ketik atau penjelasannya kurang lengkap, atau juga nggak jelas kata-katanya alias nggak maksud – kalo nggak maksud baca aja point-pointnya sama kalimat-kalimat yang udah diblock/distabilo dengan warna merah dan biru ya. Yaudah itu dulu untuk posting kali ini, mohon komentarnya yang bersifat membangun atau masukan dari kalian yang udah baca postingan ini. Thank You ^^

0 comments:

Post a Comment